# #

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Minggu, 27 Juli 2014

Cara Merawat Sepatu Pria


Sepatu merupakan salah satu aset terpenting dalam penampilan seseorang, baik itu wanita maupun pria. Jenis sepatu yang Anda pakai secara tidak langsung mencerminkan jati diri atau karakter Anda. Misalnya, Anda penggemar sepatu-sepatu bermodel formal seperti derby atau oxford mungkin Anda adalah tipe orang yang sangat menjaga penampilan dan rapi. Berbeda dengan penggunasneakers yang lebih terkesan cuek dan tampil apa adanya.
Aset terpenting ini memang terkadang disepelekan begitu saja, dan tidak mendapatkan perhatian khusus. Padahal, sepatu merupakan sebuah barang yang membutuhkan perhatian ekstra dari sang pemilik. Cara memperlakukan setiap sepatu juga berbeda. Tentunya bisa kita lihat dari modelnya ataupun bisa juga dari jenis bahannya. Hal ini sebetulnya merupakan sesuatu yang memiliki risiko tinggi karena jika Anda salah langkah saat membersihkannya, bukan tidak mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap sepatu Anda.
Sepatu memiliki beberapa bahan wajib, seperti leather dan jugasuede. Ada juga material sekunder seperti canvas dan juga nylon. Mereka memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Kali ini TalkMen akan mencoba membantu Anda dengan memberikan beberapa tips untuk merawat beberapa jenis sepatu yang Anda miliki.

KULIT
Bahan kulit merupakan sebuah favorit untuk semua pria, dimana pria akan tampak lebih gagah dan berkelas saat mereka menggunakan sepatu berbahan kulit. Bahkan sneakers yang berbahan dasar kulit juga lebih terlihat mahal dibanding dengan bahan-bahan seperti kanvas. Harganya pun juga beragam, tergantung jenis kulit yang dipakai, dan pastinya tergantung dengan brand yang memproduksinya.
Merawat sepatu berbahan kulit terhitung gampang-gampang susah, dimana pastinya Anda harus mengenal jenis kulit yang dipakai.
Dos:
1. Biasakan untuk membersihkan sepatu Anda dari debu karena debu yang lama menempel pada sepatu berbahan kulit akan semakin lengket dan akan susah dibersihkan.
2. Gunakan semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu Anda untuk mencerahkan warna kulit sepatu Anda. Jangan biarkan warna kulit sepatu Anda terlihat kusam.
Don'ts:
1. Hindari pemakaian berlebihan sepatu berbahan kulit Anda karena pemakaian yang ekstrim bisa membuat kulit menekuk dan hal tersebut sulit untuk dikembalikan seperti semula.
2. Jangan gunakan sikat yang kasar karena akan menimbulkan bekas pada sepatu Anda yang pastinya akan membuat Anda menyesal. Carilah sikat sepatu yang halus dan bertekstur lembut.
3. Hindari panas berlebih saat mengeringkan sepatu. Jika Anda ingin mengeringkannya dengan alat pengering maka lapisi sepatu Anda terlebih dahulu dengan koran bekas agar sepatu tidak terkena panas yang berlebih yang bisa menyebabkan bahan kulit pecah karena terlalu kering.

SUEDE
Bahan ini sangat terlihat elegan dan banyak sekali sepatu yang menggunakan bahan ini. Bahan sejenis beludru ini biasanya menjadi favorit untuk sepatu-sepatu boots casual seperti dessert boots atauwallabees. Sebelum membeli sepatu dengan bahan suede, ada baiknya Anda cek dulu jenis suede yang terdapat pada sepatu tersebut, karena bahan suede juga memiliki kualitas material yang berbeda-beda.
Membersihkan sepatu suede memang menjadi sebuah pekerjaan rumah yang sangat memusingkan, apalagi jika bahan suede pada sepatu Anda sudah terkena flek yang sulit untuk hilang seperti cipratan lumpur atau tetesan tinta.
Dos:
1. Gunakan handuk atau sikat khusus bahan suede untuk membersihkan. Sikat dengan perlahan agar permukaan bahan tidak rusak dan flek tidak menyebar lebih banyak.
2. Saat membersihkan, pastikan anda membersihkannya dengan satu arah, agar flek tidak menyebar dan permukaan suede tidak berantakan.
3. Gunakan cairan khusus pembersih suede untuk mempermudah Anda dalam membersihkan sepatu Anda.
Don'ts:
1. Jangan pernah malas dalam membersihkan bahan ini karena jika Anda malas dan sepatu Anda berakhir dengan jarang dibersihkan maka jangan menyesal jika bahan yang satu ini mengeras dan semakin sulit dibersihkan.
2. Biarkan sepatu berbahan suede Anda kering perlahan setelah dicuci ataupun setelah terkena hujan. Karena bahan suede juga gampang lapuk jika teksturnya terlalu kaku karena panas yang berlebihan.

MATERIAL LAIN
Selain dua bahan diatas, sepatu juga memiliki beberapa bahan lain yang tidak kalah menarik. Bahannylon ataupun canvas banyak kita temui dalam beberapa jenis sepatu, terutama sneakers. Ada jugasneakers yang terbuat dari bahan denim dan juga hemp yang terbuat dari serat alami hasil budidaya tanaman sejenis ganja.
Untuk beberapa bahan diatas, cara merawatnya juga beragam. Tetapi cara merawat dan membersihkannya tidak serumit bahan leather atau suede. Tetapi, tetap perhatikan cara-cara perawatannya agar sepatu Anda tetap dalam kondisi prima.
Dos:
1. Gunakan sikat bersih, dan dengan tingkat kehalusan yang sedang, jangan terlalu kasar, tapi juga jangan terlalu halus. Hal tersebut bertujuan agar kotoran-kotoran cepat rontok dari bahan sepatu Anda.
2. Gunakan lap atau kain halus untuk membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan permukaan kain tidak kasar.
3. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan beberapa jenis bahan ini. Gunakan cairan sejenis sabun untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada sepatu.
Don'ts:
1. Hindari pemakaian sabun cuci yang bersifat keras seperti sabun cuci atau detergen karena bisa merusak bahan dan melunturkan warna.
2. Untuk sepatu berwarna putih, biasakan berhati-hati dalam melangkah. Karena flek seperti tinta atau lumpur akan sulit hilang jika sudah terlanjur menyerap, terutama pada bahan nylon.
Dari beberapa tips diatas, bisa disimpulkan bahwa merawat sepatu itu tidaklah sulit, tetapi memang membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra dalam melakukannya. Saran saya, jangan menggunakan satu sepatu saja untuk kegiatan sehari-hari karena pastinya akan memperpendek umur sepatu Anda. Gunakan sepatu sesuai kebutuhan dan kepentingannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Twitter Bird on The Tree by Tutorial Blogspot

    iklan from adsense