# #

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Jumat, 19 Desember 2014

Edit Foto Keren Maksimal

Pernah upload foto ke jejaring sosial seperti Facebook atau Instagram namun tampilannya terlihat kurang tajam dan pecah?

Jika pernah, itu mungkin karena proses kompresi dan pengecilan dari jejaring sosial yang kurang bagus. Hasil file gambar dari kamera digital era sekarang sangat besar. 

Rata-rata kamera digital sekarang lebih dari 12 MP (kurang lebih panjangnya 4.000 pixel, lebar 3.000 pixel) dan ada juga yang mencapai 24 MP (6.000x4.000 pixel) serta 36 MP (7.360x4.912 pixel). Sedangkan layar monitor LCD biasanya panjangnya cuma 1.900-an atau 1.300-an. 

Maka dari itu saat kita mengunggah foto ke Facebook, otomatis foto berukuran besar itu akan dikecilkan ke sekitar 2.048 pixel. Karena proses dari Facebook biasanya kurang baik, maka saya anjurkan untuk mengecilkannya sendiri melalui software untuk mendapatkan hasil optimal. 

Ukuran yang optimal untuk Facebook sekitar 2.048 pixel atau 960 dan 720 pixel jika kita ingin ukuran yang lebih kecil. 

Di Photoshop, setelah selesai mengedit, Anda bisa mengecilkan ukuran foto secara otomatis dengan menu Image > Image Resize. 

Masukkan angka 2.048 atau 960 px di bagian panjangnya, dan jangan lupa centang kotak constraint crop untuk menjaga proporsi foto.

Kemudian pilih proses Bicubic sharper. Proses pengecilan gambar biasanya membuat gambar terlihat sedikit tidak tajam, maka itu perlu ada proses sharpening tambahan.



Cara lain yang lebih cepat yaitu File > Automate > Fit Image. Ketik aja 2048px atau 960px dan kemudian Klik OK. 



Di Lightroom, setelah export, pilih Long edge 2048 atau 960 atau 720 dan centang tombol sharpen for screen supaya gambar tidak berkurang ketajamannya setelah proses pengecilan.



Untuk jejaring sosial Instagram, foto harus bujur sangkar (square) dengan perbandingan 1:1. Jika kita memiliki foto dengan bentuk persegi panjang, mau tidak mau harus di-crop menjadi 1:1. Caranya jika melalui Photoshop adalah mengunakan crop tool, dan masukkan nilai 1 di width, dan 1 di height.





Ukuran gambar yang optimal untuk Instagram adalah 640x640 pixel. Jika foto kita tidak bujur sangkar maka perlu dimodifikasi dengan menambahkan ruang putih/hitam. 

Caranya di Photoshop adalah sebagai berikut:
1. Ubah ukuran foto menjadi 640 pixel (seperti cara di atas).
2. Pilih menu Image>Canvas Size.
3. Isi Height/Weight 640 pixel.



Bentuk foto akan seperti ini, kemudian tinggal di-save dan di-upload ke Instagram

Sebagai tambahan, untuk foto cover page Facebook, ukuran yang pas adalah 851x315 px dan profile pic160x160 px.

Di Photoshop ataupun Lightroom, Anda bisa mengunakan crop tool dan atur rasionya ke 851x315 px.



Mudah-mudahan setelah proses ini, tampilan foto Anda yang diunggah ke media sosial tidak mengalami penurunan kualitas. Ingat juga bahwa aturan di atas berlaku di tahun 2014 dan bisa berubah seiring dengan perubahan kebijakan setiap jejaring sosial. 

Maka dari itu perlu bagi kita untuk selalu up to date dengan berita perubahan aturan di setiap jejaring sosial yang kita gunakan. 

Meskipun dimensi foto yang terbaik bisa berubah, tapi cara untuk mengecilkan secara optimal tetap sama yaitu mengikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Twitter Bird on The Tree by Tutorial Blogspot

    iklan from adsense