# #

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Senin, 06 Agustus 2012

Bagaimana Workflow yang Baik untuk Membuat Game?

Terkadang membuat game bisa menjadi lebih mudah atau menjad lebih rumit karena workflow yang tidak benar. Ini sering kali baru disadari ketika proses pembuatan game sudah berjalan. Terkadang karena proses pembuatanya sudah cukup jauh, sehinga melakukan penelusuran kembali menjadi sangat rumit, ditambah lagi jika game tersebut dikerjakan lebih dari satu orang dan dengan dukumentasi yang buruk(biasa terjadi di komintas tanpa pengalaman dalam pembuatan game profesional). Karena saya masih baru dalam Game Development, pengetahuan tentang hal ini sangatlah kurang. Mohon petunjuknya untuk workflow ini atau setidaknya referensi buku atau artikel yang dapat membantu. Terima kasih sebelumnya.

Jawaban : 

Agar tidak muncul masalah di pertengahan pembuatan game, baik karena ada penambahan fitur, pergantian atau penambahan orang dalam tim, diperlukan suatu pegangan yang disebut Game Design Document (biasa disebut dengan GDD). GDD ini berisi desain game lengkap, yang harus selesai sebelum pengerjaan teknis game dimulai, dan harus disetujui oleh seluruh anggota tim. Yang perlu diperhatikan, setiap anggota tim harus memiliki visi yang sama atas game yang akan dikerjakan, agar tidak terjadi perbedaan pendapat antar anggota tim.


Untuk referensi buku yang bagus tentang workflow pembuatan game, bisa cek buku Game Development and Production oleh Erik Bethke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Twitter Bird on The Tree by Tutorial Blogspot

    iklan from adsense