# #

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Kamis, 25 Juli 2013

Evolusi dan Sejarah Logo 20 Klub Premier League

Manchester United sudah menyatakan niatnya untuk melakukan perubahan logo dalam waktu dekat ini. Rencananya. The Red Devils bakal memasukkan kembali kata-kata 'Football Club' dalam logo mereka.

Chief Executive United Ed Woodward ingin agar semua pihak melihat United sebagai klub sepakbola, bukan sekadar sebuah perusahaan. Ide ini sebenarnya datang dari Joel Glazer yang gerah karena banyak fans United yang menuduh keluarganya hanya memanfaatkan United sebagai lahan cari untung.

Sebenarnya perubahan logo dalam sebuah klub bukanlah hal yang aneh. Nyaris semua klub di Inggris pernah melakukan perubahan serupa.

Perubahan itu, tentu saja, kadang juga memantik reaksi negatif dari suporter. Berikut kami sajikan evolusi perubahan logo dari setiap tim kontestan Premier League.

Arsenal
Nama Arsenal dan julukan The Gunners merefleksikan asal mereka di Woolwich, markas para pekerja pembuat senjata di Royal Arsenal. kebetulan, Woolwich juga merupakan markas Royal Artillery Regiment.

Awalnya, ada tiga meriam di logo Arsenal ketika pertama didirikan pada 1886. Pada 1920-an, jumlah meriam di logo Arsenal dikurangi menjadi satu saja.

Pada 1949, logo Arsenal berganti dengan meriam beroda serta motto 'Victoria Concordia Crescit yang berarti Kemenangan Tumbuh dari Harmoni. Pihak klub memodernisasi logo mereka pada 2002 dengan rencana akan pindah stadion dari Highbury ke Emirates.
Aston Villa
Singa Skotlandia selalu ada dalam logo Villa. Hal itu untuk menghormati dua legenda mereka yang berasal dari Skotlandia; William McGregor dan George Ramsay.

McGregor mengabdi selama 20 tahun sebagai presiden, direktur dan Chairman Villa. Sementara itu, Ramsay menjadi sekretaris dan manajer klub sejak 1884 hingga 1926.

Motto 'Prepared' kemungkinan besar berasal dari Glasgow Rangers yang memiliki motto 'Ready'. Pada 2007, Villa mendesain ulang logo mereka serta menambahkan satu bintang putih untuk mengingat keberhasilan meraih trofi Eropa pada 1982.
Cardiff City
Cardiff merupakan tim pertama yang berhasil membawa keluar Piala FA dari tanah Inggris. Mereka juga sangat bangga dengan asal mereka yang dari Wales.

Motto pertama mereka adalah bahasa Wales ‘Y ddraig goch ddyry gychwyn’ yang berarti Naga merah akan menunjukkan jalan. Julukan The Bluebird muncul pada awal 1900-an karena ada lagu berjudul Bluebird yang terkenal kala itu. Kebetulan, Cardiff memang memakai jersey berwarna biru.

Kehadiran pemilik baru asal Malaysia membuat Cardiff mengubah lagi logo mereka. Naga merah dikembalikan ke logo dan motto mereka adalah Fire & Passion.
Chelsea
Bukan tanpa alasan Chelsea memiliki julukan sebagai The Pensioner. Logo pertama mereka memang gambar seorang pensiunan dengan jenggot panjang.

Pada 1952, manajer Ted Drake membuat logo baru yang berbentuk lingkaran dengan gambar singa di tengahnya. Singa itu merupakan simbol presiden klub saat itu, Earl Cardogan. Sementara itu, tongkat yang dipegang sang singa adalah tongkat Abbot of Westminster.

Pada 1986, logo Chelsea berubah menjadi lebih simpel dengan singa dan singkatan 'CFC'. Logo terbaru diperkenalkan pada 2005 untuk memperingati 100 tahun klub dan secara umum merupakan desain ulang dari logo era Ted Drake.
Crystal Palace
Crystal Palace tidak memiliki logo selama 40 tahun awal berdirinya klub. Nama Crystal Palace sendiri sebenarnya merupakan sebuah bangunan megah yang terbuat dari besi dan kaca tempat diselenggarakannya Great Exhibition pada 1851. bangunan itu begitu terang dan tak membutuhkan pencahayaan dalam sehingga mendapat julukan sebagai istana kristal.

Logo pertama Palace adalah bentuk bangunan itu dengan tulisan nama klub. Sempat diganti menjadi tulisan saja, logo Palace mengalami perubahan besar pada 1973.

Malcolm Allison yang menjadi manajer memperkenalkan logo dengan gambar istana, nama klub serta gambar elang sesuai julukan klub The Eagles. Pada 1990-an, Chairman Ron Noades mendesain ulang logo itu menjadi lebih agresif.
Everton
Logo pertama Everton diketahui adalah pada 1922 dengan singkatan nama klub di atas perisai biru. Logo ini kemudian diganti dengan singkatan nama klub serta gambar menara dan daun zaitun pada 1938.

Menara yang ada dalam logo Everton adalah The Beacon alias Prince Rupert's Tower. Menara ini dibuka pada 1787 sebagai tempat menahan para kriminal dan pemabuk.

Everton memiliki motto 'Nil Satis, Nisi Optimum' yang berarti Tak ada yang lebih baik selain menjadi yang terbaik. Logo terbaru Everton berupa gambar menara, nama klub dan tahun berdirinya klub di atas perisai mendapat banyak kecaman dari fans.
Fulham
Logo pertama Fulham adalah dua pedang St Paul yang saling menyilang dengan singkatan nama klub. Pada 1930-an, logo klub diubah menjadi lambang Craven Cottage yang berwarna hitam putih.

Uniknya, gambar kapal dalam logo Fulham ada hubungannya dengan bajak laut Viking yang berkumpul di sungai Thames pada tahun 827. Pada 80-an, logo fulham diubah lagi dengan warna dan detail yang lebih jelas.

Pada 2001, bersamaan dengan naiknya Fulham ke Premier League, logo klub diganti lagi menjadi monogram FFC, singkatan dari Fulham Football Club.
Hull City
Sebagai satu-satunya tim di kota Hull, logo The Tigers awalnya adalah tiga mahkota. Tidak diketahui dari mana asal logo ini. Sebagian kalangan menyebut itu adalah logo dari Edward I.

Pada 1947, Hull menggunakan logo kepala harimau dalam jersey mereka. Logo itu kemudian berubah lagi dengan nama klub, tiga mahkota dan gambar jembatan Humber yang merupakan ikon kota mereka.

Logo Hull kemudian diganti lagi dengan menulis julukan mereka dan nama klub.
Liverpool
Seperti halnya kota Liverpool, klub Liverpool juga selalu menggunakan burung Liver dalam logo mereka. Saat klub didirikan pada 1892, gambar burung Liver merupakan satu-satunya pilihan yang memungkinkan.

Banyak perubahan kecil yang terjadi sepanjang sejarah Liverpool, termasuk memasukkan logo kota. Logo dengan gambar perisai baru disempurnakan setelah perang dunia kedua.

Pada akhirnya, logo burung Liver, Shankly Gates, api abadi Hillsborough dan anthem klubYou'll Never Walk Alone disatukan dalam logo klub.
Manchester City
City awalnya memakai logo kota Manchester untuk logo klub mereka. Lalu dua logo berbentuk bulat mendominasi abad 20 City.

Nama klub melingkari perisai bergambar kapal yang melambangkan Kanal Manchester serta mawar merah Lancashire. Tiga garis dalam logo City melambangkan tiga sungai yang mengalir di Manchester; Irwell, Irk dan Medlock.

Logo modern City adalah elang emas dengan motto Superbia in Proelio yang berarti kebanggaan dalam pertempuran. Tiga bintang di atas elang itu hanya dekorasi saja, tidak menjadi simbol apa pun.
Manchester United
Unik memang, tapi United juga pernah memakai logo kota Manchester sebagai logo mereka. Setelah itu, United masih meminjam sedikit logo kota Manchester dalam bentuk perisai dengan gambar kapal dan tiga strip.

Pada akhir 60-an, United membuat logo mereka sendiri berdasarkan logo dewan kota Manchester. Ada nama klub dan mawar berwarna putih serta perisai kota manchester.

Evolusi berlanjut, United mengganti tiga strip dengan gambar setan merah, julukan mereka. Selain itu, bunga mawar di logo mereka berubah menjadi bola. Pada 1998, kata-kata 'Football Club' dihilangkan untuk membuat logo United lebih menjual. Kini kata-kata itu akan dikembalikan.
Newcastle United
Seperti halnya tim kota Manchester, Newcastle United awalnya juga memakai logo kota mereka. Sebagian besar logo Newcastle saat ini terinspirasi dari logo kota itu.

Logo itu kemudian sempat disederhanakan dengan logo bulat dengan gambar kastil dan burung magpie, julukan klub. Pada 70-an, Newcastle malah sempat mengubah logo mereka menjadi bola dengan inisial klub plus burung magpie.

Akhirnya, logo Newcastle menjadi sedikit rumit lagi dengan dua gambar kuda laut, perisai emas dengan warna hitam-putih, singa kerajaan Inggris dan bendera St George.
Norwich City
Logo Norwich selalu menggunakan gambar burung kenari yang merupakan logo kota mereka. Burung ini sebenarnya baru datang ke Inggris pada abad 15 ketika para pedagang mengimpornya dari karibia.

Nama The Canaries bagi klub pertama kali diutarakan oleh manajer John Bowman pada 1905. Nama julukan itu bertahan hingga saat ini.

Pada 70-an, ada kompetisi untuk mendesain logo klub. Logo pemenang itu menjadi logo klub hingga saat ini. Seekor burung kenari berdiri di atas bola serta ada gambar singa kerajaan Inggris.
Southampton
Logo Southampton sempat meminjam banyak elemen dari logo kota setempat. Yang bertahan hingga saat ini hanyalah logo mawar putih.

Southampton terus memakai logo kota mereka hingga 70-an. Saat itu, mereka mengadakan kompetisi untuk membuat logo baru klub. Pemenangnya adalah Rolland Parris.

Logo itu menyertakan lingkaran halo di atas bola (sesuai dengan julukan mereka, The Saints), scarf merah putih, pohon simbol New Forest, mawar putih dan nama klub. 
Stoke City
Stoke masih memakai logo kota mereka hingga tahun 50-an. Mereka lalu menyederhanakan logo itu pada 70-an dengan inisial nama klub di bagian atas.

Pada 1992, logo Stoke menjadi sangat rumit. Logo itu menyertakan simpul Staffordshire, kepala babi, salib bertahtakan emas serta gambar pembuat pot di bagian atas.

Emblem mereka adalah onta yang berlutut, sabit, pembuat pot dan elang hitam. Motto Stoke adalah Vis Unita Fortior yang berarti Persatuan adalah kekuatan. Logo klub saat ini diperkenalkan pada 2001.
Sunderland
Logo pertama Sunderland adalah seekor kucing yang duduk di atas bola emas. Ada kapal kuno berwarna hitam. Hal itu melambangkan bahwa kemakmuran kota mereka berasal dari perdagangan batu bara.

Pada 1977, Sunderland berganti logo menjadi lebih sederhana dengan dominasi warna merah, putih dan hitam. Logo ini dipakai hingga Sunderland pindah ke Stadium of Light pada 1997.

Logo terbaru Sunderland memasukkan elemen landmark kota dalam perisai mereka. Selain itu, ada dua singa yang menjaga perisai tersebut. Motto mereka adalah Consectatio Excelletiae yang berarti mengejar kehebatan.
Swansea City
Nama awal Swansea City adalah Swansea Town. Nama itu baru berubah pada 1969. Mereka awalnya memakai logo kota lokal mereka yang sudah ada sejak 1306.

Pada 80-an, logo Swansea menjadi lebih sederhana, melambangkan kesuksesan klub. Logo itu menggambarkan bebek yang berdiri di atas kastil Henry De Beaumont dengan latar belakang laut.

Pada 1998, logo itu disederhanakan lagi dengan gambar angsa serta nama klub di bawahnya.
Tottenham Hotspur
Gambar ayam jago di atas bola sudah dipakai Spurs sejak tahun abad 20. Harry Hotspur yang merupakan inspirasi nama klub memilihlogo itu sendiri.

Tottenham juga pernah menggunakan simbol perisai dengan berbagai elemen di dalamnya. Mereka juga memasukkan motto klub Audere est Facere yang berarti Menjadi berani adalah melakukan.

Logo itu terus mengalami 'pengurangan' hingga saat ini hanya kembali menjadi gambar ayam di atas bola dengan tulisan nama klub.
West Browich Albion
West Brom mungkin adalah salah satu klub pertama yang memiliki logo sendiri. Pada 1880 klub ini sudah memilih gambar burung throstle sebagai logo mereka. Ide ini diberikan oleh sekretaris klub saat itu, Tom Smith.

Logo itu kemudian sedikit diubah dengan burung yang duduk bertengger di dahan pohon hawthorn yang berduri. Pohon Hawthorn diambil karena merupakan markas utama West Brom.

Perubahan terus terjadi, termasuk penambahan perisai berwarna biru tua dan putih. Hari ini, cabang hawthorn tak digambarkan secara utuh. Selain itu, ada nama klub dalam logo mereka.
West Ham United
Logo pertama West Ham adalah dua palu yang saling bersilang. Palu merupakan alat yang jamak dipakai di industri kapal dan besi di area asal klub.

West Ham sendiri didirikan oleh para pekerja besi di sekitar sungai Thames. Gambar Boleyn Castle kemudian ditambahkan ketika West Ham mengadopsi Boleyn Castle FC sebagai tim cadangan mereka.

Logo terbaru mereka menghilangkan pucuk lancip di kastil serta mengurangi jumlah jendela salibnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Twitter Bird on The Tree by Tutorial Blogspot

    iklan from adsense