Pada Juni kemarin para penyebar spam mengeksploitasi nama pendiri Apple, Steve Jobs. Di bagian awal, email acak yang diterima calon korban mengajak penerimanya untuk menguak rahasia kesuksesan Steve Jobs, namun bagian isinya merupakan iklan sesi pelatihan gratis.
Penyelenggara pelatihan berjanji bahwa hanya dalam waktu 1,5 jam mereka mampu mengajari bagaimana menciptakan bisnis yang menguntungkan dari hobi kita. Steve Jobs digunakan untuk menarik perhatian terhadap pelatihan tersebut.
Selain email pelatihan yang menjanjikan untuk mengungkap rahasia sukses Steve Jobs, pada bulan Juni Kaspersky Lab sering menemukan pesan spam yang menawarkan diskon besar-besaran untuk perangkat Apple. Agar email terlihat asli, para penipu memasukkan nama perusahaan pada kolom 'From’ meskipun alamat email tersebut tidak ada hubungannya dengan Apple.
Para pelaku email penipuan ini menekankan bahwa barang yang ditawarkan sangat terbatas dan calon korban harus cepat bertindak bila ingin mendapatkan barang tersebut. Trik seperti ini sering digunakan untuk mendorong pengguna mengambil keputusan dengan cepat lalu mengklik link yang ada dan memesan barang diskonan tersebut.
Tema lain yang dieksploitasi oleh para penyebar spam adalah tawaran masuk ke universitas di Amerika serta tawaran pendidikan online sesuai keinginan. Email seperti ini sering memasukkan tautan ke laman berisi formulir aplikasi untuk lembaga pendidikan di atas. Ini merupakan salah satu cara pelaku untuk mengumpulkan data pribadi para korbannya.
"Pada bulan Juni, para penyebar spam terus menggunakan trik yang familiar. Secara khusus, kami mencatat beberapa surat massal mengiklankan baik rokok konvensional maupun elektronik di mana para pelaku menggunakan layanan Google Translate untuk memproses tautan spam", ujar Tatyana Shcherbakova, Analis Spam Senior, Kaspersky Lab.
Pada bulan Juni, lebih dari setengah spam di dunia berasal dari China (24%) dan Amerika Serikat (17%). Korea Utara ada pada peringkat ketiga dengan 14% dari seluruh spam.
Korea Selatan tetap menjadi penghasil utama spam yang dikirim ke pengguna di Eropa (53,3%), dengan persentase yang naik sebesar 9,6 persentase poin. Amerika Serikat (4,6%) dan Vietnam (3,7%) turun ke posisi 4 dan 5 posisi di bawah Italia (6,7%) dan Taiwan (5%). Italia naik 3,9 persentase poin dibanding Mei dimana pada Mei Italia berada di tempat ke-7.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar