Sabtu, 08 Februari 2014
Metamorfosis 10 Tahun Perjalanan Facebook
Tepat hari ini, Selasa (4/2/2014), Facebook genap 10 tahun telah hadir di ranah media sosial. Untuk mengajak 1,23 miliar pengguna Facebook merayakan momentum tersebut, Facebook mencoba menghidupkan kembali sejarah digital mereka di industri internet dengan cara spesial yang disebut Look Back.
Namun, cara tersebut hanya bisa dinikmati pengguna melalui halaman Facebook mereka. Kali ini saya mencoba mengajak pembaca untuk melihat metamorfosis yang dialami Facebook dari pertama kali dibuat di sebuah kamar asrama oleh Mark Zuckenberg hingga berhasil meraih 1 miliar lebih pengguna aktif di seluruh dunia.
Facebook mulai didirikan pada tanggal 4 Februari 2004 di sebuah kamar asrama Universitas Harvard oleh Mark Zuckerberg dan awalnya dinamakan "The Facebook". Sepuluh tahun kemudian, jejaring sosial ini menjelma menjadi jejaring sosial yang memiliki lebih dari 1,23 miliar pengguna baik yang menggunakan layanan ini melalui Web atau mobile setiap bulannya.
Pada tahun 2004 dan 2005, Facebook profile berhasil menjadi jantung dari pengalaman jejaring sosial. News Feed belum tersedia di masa itu. Iklan pertama mulai berjalan pada tahun 2004, yang digambarkan berupa brosur yang dijual Facebook untuk usaha kecil dengan harga US$ 10 hingga US$ 40 per harinya, menurut seorang salesman iklan pertama Facebook, Kevin Colleran.
Sebuah redesign pada 2005 membuat tampilan member profile sedikit berantakan.
Pada tanggal 5 September 2006, Facebook meluncurkan News Feed dan Mini Feed untuk pengunjungnya. Di masa itu, hal tersebut merupakan perubahan yang besar dan kontroversial untuk jejaring sosial. Bagian Mini-Feed pada profil masing-masing pengguna berfungsi untuk menunjukkan aktivitas terbaru yang baru pengguna tambahkan di Facebook miliknya.
"Facebook News Feed dan Mini Feed tidak hanya berbeda dari yang pernah disuguhkan di Facebook sebelumnya, tapi juga belum pernah ditemukan di manapun di internet," kata Facebook News Feed dan Mini-Feed pada saat itu.
Di bulan yang sama, Facebook juga resmi dibuka untuk siapa saja yang berumur 13 tahun atau lebih tua dengan alamat e-mail yang valid.
Pada tahun 2007, Facebook kembali menyederhanakan desain profil, kali ini beralih dengan fitur navigasi yang menyertakan fitur utama di atas, aplikasi di sisi kiri, dan setting di pojok kanan. Dengan roll-out seperti ini, Facebook juga memperkenalkan "Inbox" sebagai ranvcangan ulang dari "My Messages" dan halaman "My Shares".
Pada tahun 2007, Facebook News Feed menjadi populer di antara penggunanya. Di akhir tahun ini, Facebook juga meluncurkan aplikasi Facebook dan video. Di bulan Juli, Facebook juga berhasil meraih 30 juta pengguna aktif.
Seiring dengan keberhasilan meraih 100 juta pengguna pada tahun 2008, Facebook pada tahun tersebut juga meluncurkan Facebook Chat, Wall, dan Facebook untuk iPhone.
Pada Juli 2008, Facebook mengundang penggunanya untuk mencoba "new Facebook", yang datang dengan tab dan fitur yang disebut "The Wall". Seperti Mini-Feed, Wall juga akan memunculkan update terbaru yang berhubungan dengan pengguna. The Wall juga datang dengan "Publisher" di atas tab untuk posting foto, notes, dan status di Wall pengguna.
Di tahun yang sama (2008), Facebook memungkinkan pengguna untuk membuat custom feed mereka sendiri.
Pada tanggal 16 Maret 2009, Facebook membuat keputusan kontroversial dengan melalui fitur custom feed, dengan untuk pertama kalinya membiarkan pengguna untuk memposting konten mereka di luar lingkaran teman-teman. Facebook juga menambahkan opsi privasi yang disebut "Everyone", yang berarti pengguna dapat mengatur jenis konten yang dapat dilihat oleh siapapun. Pada bulan Sepetember 2009, Facebook berhasil melampaui jumlah 300 juta pengguna.
Pada bulan Mei 2009, Facebook mencoba untuk mengadopsi Twitter dengan mengubah "Feed" menjadi feed yang dapat memperbarui secara otomatis.
Facebook melahirkan desain profil yang diperbarui pada tahun 2010 dengan navigasi yang direktrukturisasi, sekali lagi atas dasar kesederhanaan. Menu pemberitahuan juga memulai debutnya pada bulan Februari di tahun ini dan ditempatkan di atas halaman di samping logo Facebook. Sebelum akhir Juli 2010, Facebook telah mencapai setengah miliar pengguna.
Pada 2010, Facebook juga meghadirkan option untuk News Feed dalam pilihan "Top News" dan "Most Recent". Selain itu, Facebook Questions juga memulai debut di tahun 2010.
Facebook Timeline memulai debutnya pada tahun 2011 sebagai sentuhan yang terbilang segar untuk jejaring sosial. Dengan Facebook Timeline, pengguna dapat mengatur timeline yang dirancang untuk membantu pengguna menceritakan kisah mereka sendiri dalam tata letak dua kolom yang saat itu belum secara umum dikenal.
Facebook mengalami desain ulang Timeline dan News Feed pada September 2011, bersama dengan desail ulang tersebut, ikut fitur "Ticker".Ticker ditempatkan pada kolom sebelah kanan halaman dan menyediakan aktivitas komprehensif teman pengguna.
Pada 2012, Facebook membuat sejumlah tweak untuk Timeline karena menjadi agak tidak yakin dengan pembuatan ulang desain dan tata letak yang radikal terhadap profil pengguna. Pada bulan Oktober 2012, Facebool berhasil meraih tonggak sejarah dengan meraih 1 miliar pengguna.
Facebook News Feed sebagian besar tetap sama di tahun 2012, meskipun Facebook mulai menarik kembali Ticker, sehingga membuat halaman streaming jauh lebih menonjol. Ticker diketahui sebagian besar dihilangkan dalam desain ulang Facebook di 2013.
Pada bulan Maret 2013, Facebook Timeline dirapihkan dengan membuang format dua kolom dan menambahkan bagian aplikasi untuk menampilkan minat masing-masing pengguna dalam musik, buku, dan hiburan lainnya.
Masih di bulan Maret 2013, Facebook meluncurkan News Feed yang lebih besar, dengan versi yang lebih berani.
Tidak ketinggalan adalah evolusi mengenai aplikasi Facebook mobile. Pada bulan Juli 2008, Facebook merilis aplikasi mobile pertama untuk Apple iPhone. Sebelum berkembang menjadi aplikasi, sempat muncul "Facebook for Mobile", yang diluncurkan pada bulan April 2006.
Untuk mencapai versi saat ini, aplikasi Facebook mobile telah mengalami sejumlah perbaikan. Untungnya, Facebook juga telah mengoptimalkan aplikasi mobile untuk iklan. Hingga tahun 2013 berakhir, Facebook telah berhasil mencatat telah meraih 945 juta pengguna aktif aplikasi mobile.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar