# #

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Selasa, 23 Juli 2013

Sejarah Hari Ini (22 Juli): AS Roma Berdiri

Tanggal ini menjadi tanggal bersejarah bagi Romanisti karena klub mereka berulang tahun tiap tahunnya.

Associazione Sportiva Roma. Tenarnya dinamai AS Roma, atau sekadar Roma. Merupakan klub sepakbola Italia yang bermarkas di ibu kota Italia.

Dalam sejarahnya, AS Roma yang ada sekarang ini merupakan gabungan dari dua klub. Diresmikan pertama kalinya sebagai satu kub pada 22 Juli 1927.
SEJARAH AS ROMA
Nama Lengkap:
  • Associazione Sportiva Roma SpA
Julukan:
  • i Giallorossi
  • La Maggica
  • i Lupi
Berdiri:
  • 22 Juli 1927; 86 tahun lalu (oleh Italo Foschi)
Stadion:
  • Stadio Olimpico Roma, Italia (Kapasitas: 70,634)
Presiden klub:
  • James Pallotta
Pelatih:
  • Rudi Garcia

Selengkapnya

Sepakbola di Italia berkebang di akhir 1800an, sekitar 1893 di Genoa oleh orang Inggris. Lalu, perkembangannya semakin marak hingga akhirnya sampai di kota Roma.

Di ibu kota Italia ini, muncul sejumlah klub sebagai dampak dari tren baru yang dinamai sepakbola. Klub pertama yang hadir di kota Roma adalah Footbal Club Roma (1901) yang diikuti lahirnya The Roman and Lazio di tahun 1902 yang berasal dari klub Gymnastics yang sudah berdiri di tahun 1900, lalu muncul Alba (1907), Fortitudo (1908), dan Audace, Esperia, Juventus Roma.

Sejumlah kompetisi pun diikuti oleh klub-klub tersebut, di mana mereka nyaris meraih gelar juara. Singkatnya, klub Roma menjadi kekuatan tersendiri di jagat sepakbola Italia pada saat itu.

Namun di sisi lain, klub kota Roma juga terbagi di beberapa bagian, yang membuat kekuatan mereka tak solid.

Hingga akhirnya diputuskan untuk meleburkan klub menjadi satu. Maka Pro Roma dan Romana melebur yang kemudian Fortitudo ikut bergabung, Juventus Roma bangkrut dan sisanya, Audace, bergabung dengan Alba.

Alhasil, pada 1927, ibu kota diwakili oleh empat klub sepakbola, Alba-Audace, Fortitudo, Roman dan Lazio.

Keempat tim ini memiliki ciri mereka masing-masing. Alba memakai baju Hijau dengan garis putih Horizontal. Fans mereka berasal dari distrik S. Giovanni dan Appio atau zona selatan yg berkembang pesat di roma. Fortitudo secara definisi adalah tim untuk katolik, dengan seragam merah dan biru. Mewakili mayarakat borjuis sekitar Borgo Pio dan Prati yang merupakan tetangga terdekat dengan Vatikan. Roman adalah tim dari distrik Flaminio dan Parioli, membawa warna tradisi kerajaan Romawi, giallorosso (Merah kuning).

Lazio, dari semua klub diatas adalah yang paling terorganisir. Karena mereka bagian dari sebuah sport center (Polisportiva) dimana aktifitas mereka bukan hanya sepakbola tapi mencakup mulai dari balap sepeda hingga pusat kebugaran. Mengusung warna Biru langit ynag merupakan warna dari yunani yang dipilih oleh pendirinya untuk menjaga semngat Olimpiade. Nama Lazio sendiri diambil dari nama provinsi yakni Lazio.

Pada akhirnya, pada 1927 didirikanlah sebuah klub oleh Italo Foschi, klub yang merupakan hasil merger tiga klub Roma yang sudah terlebih dulu berdiri, Roman, Alba-Audace dan Fortitudo.

Merger tiga klub tersebut merupakan inisiatif diktator fasis terkenal Italia, Benito Mussolini. Tujuannya adalah membentuk klub yang kuat dari ibukota yang bisa mengakhiri dominasi klub-klub utara Italia saat itu.

Dan sejak 22 Juli pada 86 tahun silam tersebut, Roma menjadi sebuah kekuatan baru di jagat sepakbola Italia, meski belum bisa dikatakan dominan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Twitter Bird on The Tree by Tutorial Blogspot

    iklan from adsense